3.19.2009

Ir. Merwin, Bertekad Tingkatkan Kualitas Sarpras

Profil edisi ini , merupakan sosok perempuan yang punya style dan brain cerdas. Walau masih tergolong muda, prestasi ibu dua anak itu cukup moncer. Buktinya, Bupati memberikan kepercayaan padanya untuk memimpin sebuah institusi dengan seabrek pekerjaan.

Awalnya, banyak pihak yang meragukan kemampuan perempuan cantik ini. Dengan dalih jam terbangnya masih minim, ditambah lagi belum pernah menjabat orang nomor satu di eselon III, naiknya Merwin sebagai Kepala Dinas PU Cipta Karya , sempat diragukan. Namun, tidak demikian dengan koleganya sesama pejabat di jajaran Pemkab. Perempuan yang pernah duduk di Bapekab itu dianggap memiliki kompetensi untuk memimpin unit kerja tersebut, selain itu dia juga punya basic yang pas dengan unit kerja yang dipimpinnya.

Kepada Sorot yang menemui di ruang kerjanya yang tertata rapi, Merwin terlihat begitu wibawa, smart dan penuh ide. " Selamat ya Bu, mudah-mudahan tidak mengganggu aktivitas " " Selamat pagi, wah terima kasih lho, saya dikunjungi, namun saya belum bisa berkomentar banyak lho, kan kita harus benah-benah dulu, maklum kantor baru lho.." katanya lembut.Berbicara pekerjaan, perempuan satu ini tampaknya tak ingin berandai-andai dan muluk-muluk. Dia hanya ingin menjalankan amanah ini dengan semaksimal mungkin, sesuai dengan tupoksi yang dimilikinya. Dia mengatakan, kalau Ciptakarya itu memiliki 4 bidang, pertama Tata Bangunan dan Perijinan, Tata Kota dan Pedesaan, Kebersihan dan PJU dan yang terakhir bidang Pemukiman dan Perumahan.

Untuk tata bangunan, langkah awal yang dilakoninya adalah mulai melakukan penertiban dan mempercepat proses perijinan IMB (Ijin Mendirikan Bangunan). Menurut Merwin, prosedur pengurusan IMB melalui tahapan dari desa/kelurahan, kecamatan dan setelah dilengkapi persyaratannya akan segera di survey. Apabila tidak menemui kendala di lapangan, maka IMB bisa segera diterbitkan, tentang biaya yang ditetapkan maka di bayar sesuai Perda. "Kami akan segera mensosialisasikan cara memperoleh IMB dengan mudah kepada masyarakat, terutama di tingkat desa di seluruh kecamatan" ujar Merwin.

Dijelaskannya, perencanaan dengan titik berat penataan ruang dilakukan melalui penertiban ijin-ijin bangunan dengan kesesuaian fungsi kawasan, wilayah maupun kegiatan-kegiatan bangunan dalam kawasan yang bermuara untuk keserasian dan keseimbangan terhadap lingkungan akibat pembangunan yang terkendali. Selain itu, kata Merwin, pihaknya juga berupaya mendorong peran-serta swasta dalam pemeliharaan dan pengelolaan taman dan keindahan kota.

Untuk peningkatan peran-serta masyarakat dan pelayanan air bersih, utamanya pedesaan yang masih mencapai 24 persen . Dia memproyeksikan 5 tahun ke depan, bisa mencapai 40 persen. "Dan untuk kota, ketersediaannya untuk 5 tahun ke depan diharapkan bisa mencapai 80 persen", tegasnya.Pada tahun 2009 ini, yang paling menjadi perhatian Merwin adalah masalah sampah (kebersihan) dan sebagai pilot project ada 3 kecamatan kota (Kec. Sumbersari, Kaliwates dan Patrang, red). "Pengelolaan sampah akan kami lakukan pada sumbernya dengan harapan Jember menjadi bersih dari sampah", katanya.

Lebih lanjut mantan Kabid Lingkungan Hidup pada DKLH itu menjelaskan, DPU Cipta Karya saat ini terus berupaya penuh untuk meningkatkan kualitas pembangunan, penataan ruang dan pengendalian standard bangunan yang berwawasan lingkungan. Merwin berharap, masyarakat juga memiliki kepekaan dan kepedulian untuk turut menjaga sarana dan prasarana kebersihan, baik itu tempat sampah, pohon peneduh dan sebagainya. "Kami berharap peran serta dan partisipasi aktif masyarakat karena yang kita laksanakan juga untuk kesejahteraan masyarakat,", pungkasnya.

Sementara itu, senada dengan Merwin, Sekretaris DPU Cipta Karya, Moh Hasyim mengatakan terkait sebagai lembaga baru, pihaknya saat ini sedang menggiatkan konsolidasi, menginventarisir SDM serta sarana dan prasarana. "Dalam konsolidasi itu, kami memberikan pemahaman pada seluruh staf tentang lembaga yang baru, utamanya menyangkut tupoksi" tegasnya.


0 komentar:

  © Klik Duniaku Ch3ru_Pastyle 2009

Back to TOP