3.19.2009

Pancing Minat Wisata, Jember Gelar Pameran Durian

Upaya pemerintah untuk meningkatkan ekenomi masyarakat patut diacungi jempol. Pasalnya, setelah sukses menggelar kontes durian di Kecamatan Sumberjambe tahun lalu, kini pemerintah kembali mengggelar pameran durian yang bertempat outlet Jubung. 28-7 februari 2008.Besarnya potensi pertanian, khsususnya buah di Kabupaten Jember, sangat disayangkan jika tidak dimaksimalkan. Potensi durian Sumberjambe tidak bakalan dikenal oleh masyarakat luar Jember jika pemerintah tidak memiliki inisiatif untuk menggelar promo melalui pameran. Selain itu, kekhasan rasa durian Sumberjambe yang mampu membuat lidah bergoyang rege memang membutuhkan perjuangan yang keras, salah satunya adalah dengan menggelar promo seperti ini. Jenis durian Sumberjambe yang dikenal legit dan nikmat yang dipamjerkan selama seminggu adalah , Durian Sikasur, Durian Sipelor, Durian si Belanda, Durian Fatima dan masih banyak lagi jenis durian yang mampu menggoyang lidah penikmatnya.

Bupati Jember Ir.MZA Djalal melalui Kabag humas Pemkab Jember Drs Agoes Slameto mengatakan, Promo ini merupakan Warming Up (Pemanasan) bagi petani serta Pemkab melalui Kecamatan yang melakukan kolaborasi dengan pihak Kadin, Koperasi Samarot dan otomotif. Ini dilakukan untuk mengenalkan potensi pertanian kabupaten Jember di kancah nasional, bahkan internasional."Ini merupakan upaya dari pemerintah untuk meningkatkan derajad hidup dari masyarakat Jember,"tambah Agoes.

Menurut Camat Sumber Jambe, Abdul Kadir, harapan dari digelarnya pameran di Jember Outlet ini bisa meningkatkan pendapatan petani buah durian, selain membantu mempermudah pemasarannya. "Dengan pasar raya durian ini kita berusaha menarik perhatian para maniak buah durian supaya datang ke Sumber Jambe," tegasnya.Kadir juga mengatakan, durian Sumber Jambe memiliki varietas yang khas dan banyak diminati oleh masyarakat Jember, bahkan sangat diminati oleh penggemar durian tingkat regional. "Kita mengajak masyarakat Jember dan di luar jember, supaya berkunjung ke Sumber Jambe, karena di sini banyak buah durian yang memiliki rasa yang khas terutama durian-durian varietas unggul yang pohonnya berumur antara 100 sampai 200 tahun," ungkapnya

Amir, anggota koperasi Samarot mengemukakan, promo ini bertujuan mendongkrak perekonomian masyarakat petani durian di kab. Jember, khususnya masyarakat petani durian kec. Sumberjambe. Format promo tersebut, lanjut Amir, berbeda dengan kontes durian. Jika dalam kontes durian masyarakat datang untuk ikut lomba.

Sementara, pada kegiatan promo ini, masyarakat datang untuk berbelanja dan menikmati kelezatan buah durian yang dijual oleh para petani durian. "penggemar di outlet ini, akan sangat dimanjakan oleh aneka macam durian" terangnya. Disamping harga yang tidak jauh berbeda dengan harga di pasar tradisional, lanjut Amir. Pihaknya menengarai, Jember Outlet ini diprediksi akan ramai. Mengingat ketenaran durian Sumber Jambe tidak hanya dikenal oleh pribumi Jember saja. Bahkan, wisatawan sekaligus konsumen durian Sumber Jambe juga berasal dari Surabaya, Bondowoso, Probolinggo, dan Lumajang. Penyedia buah durian dalam promo tersebut berasal dari desa-desa penghasil durian.

Selain itu, di Jember Outlet juga menyediakan jajanan atau dodol yang berbahan asli dari durian, produk ini adalah kreasi dan kerjasama antara petani dan tim penggerak PKK kecamatan sumberjambe. Maka dengan event ini, para petani durian khususnya anggota Koperasi Samarot sangat berharap agar event-event pameran semacam ini dapat terus dilaksanakan, serta difasilitasi oleh Pemkab, sehingga bisa mendongkrak ekonomi petani, sekaligus mempromosikan Kabupaten Jember di kalangan masyarakat pencinta Durian.

Selama ini petani selalu menggantungkan diri pada tengkulak dengan sistim ijon atau tebas. Lebih lanjut Amir juga mengatakan dalam ajang promo ini akan tersedia ± 1.500 buah yang telah teruji baik secara kualitas maupun rasa." Jadi jangan kuatir mas, pokoknya rasa duriannya Mak nyuuusss,,,"sembari tertawa.(Pmd)

0 komentar:

  © Klik Duniaku Ch3ru_Pastyle 2009

Back to TOP